Rabu, 04 Januari 2012

CEO Baru Yahoo Punya Rekam Jejak Mentereng


Yahoo baru saja mengangkat Scott Thompson sebagai CEO barunya. Thompson menggantikan Carol Bartz yang dipecat beberapa bulan lalu. Seperti apa rekam jejak Thompson dan mampukah ia mengangkat Yahoo?

Selama 4 tahun, Thompson menjabat sebagai presiden PayPal, layanan pembayaran online milik eBay. Dia sebelumnya menjabat sebagai Chief Technology Officer PayPal sebelum diangkat sebagai presiden pada Januari 2008.

Thompson memegang gelar sarjana di bidang akuntansi dan ilmu komputer dari Stonehill College di Boston. Ia memiliki pengalaman kerja segudang sebelum berkiprah di PayPal dan kini menjadi bos baru Yahoo.

Ia pernah bekerja untuk Inovant, perusahaan subsidiary Visa dengan tugas mengawasi perkembangan teknologi global. Dengan jabatan Executive Vice President of Technology Solutions, Thompson bertanggungjawab untuk mengembangkan support dan perawatan sistem pembayaran global Visa.

Sebelumnya, Thompson bergabung di Barclays Global Investor sebagai Chief Information Officer. Dia bertugas mengimplementasikan strategi baru di bidang platform teknologi dan infrastruktur global. Thompson pernah pula bergabung di perusahaan Coopers dan Lybrand.

Pria berkumis ini mencetak beberapa prestasi selama memimpin PayPal. Di bawah kepemimpinannya, pengguna PayPal meningkat dari 50 juta menjadi 104 juta. PayPal memproses pembayaran sejumlah USD 29 miliar di kuartal 3 2011.

Dengan pengalamannya yang segudang itu, Yahoo menganggap Thompson adalah orang yang tepat untuk memulihkan kondisi perusahaannya. Seperti yang dikatakan Roy Bostock, Chairman Yahoo.

"Kami menyimpulkan dia adalah pemimpin yang tepat untuk mengembalikan arah bisnis inti kami ke pertumbuhan yang cepat," kata Bostock

Meski demikian, tetap ada keraguan karena latar belakang Thompson adalah di bidang pembayaran. Sementara Yahoo adalah sebuah perusahaan teknologi dan marketing. Harga saham Yahoo sendiri menurun 3% kala Thompson diumumkan sebagai CEO.
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar