Senin, 06 Februari 2012

Profesor Italia Tantang Google


Tidak banyak yang tahu, ada seorang profesor ilmu komputer yang mengilhami lahirnya Google. Kini, sang profesor berharap bisa menyaingi raksasa mesin pencarian tersebut.

Massimo Marchiori, profesor asal Italia itu meluncurkan situs bernama Volunia. Situs ini memungkinkan pengguna melihat komponen website tertentu untuk menemukan subject of interest lebih cepat dan berinteraksi dengan pengguna lain yang telah terdaftar, yang kemungkinan sedang mencari halaman web yang sama.

"Web adalah tempat yang hidup. Ada informasi, juga orang-orang berada di dalamnya. Dimensi sosial telah ada di situ," kata Marchiori

Pria yang pada 1990 menemukan algoritma untuk layanan pemeringkatan halaman internet bernama HyperSearch ini yakin, fungsi yang tersedia pada Volunia akan menjadi hal yang normal ditemukan pada mesin pencarian termasuk Google dan Yahoo.

Volunia yang hak ciptanya tercantum di Amerika Serikat, untuk saat ini baru tersedia secara terbatas. Marchiori berencana memperluas ketersediaannya dengan 12 macam bahasa termasuk Inggris, Arab, Jepang dan Rusia dalam beberapa bulan ke depan.



Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar