Senin, 12 Maret 2012

Foto Situasi Jepang Sesudah Dan Sebelum Tsunami


Perjuangan fotografer AFP dalam mengabadikan Jepang paska tsunami patut diacungi jempol. Karyanya ini membandingkan kondisi negara Sakura saat diterjang tsunami dan kondisi setelah pemulihannya.

Mengambil lokasi yang sama dengan foto yang diambil setahun sebelumnya, Toru Yamanaka harus melakukan pelacakan dan bertanya pada warga setempat untuk menghasilkan karya-karya memukau berikut.

Kesulitan harus dihadapi Yamanaka karena hampir bisa dibilang, semua jejak visual telah menghilang. "Semua petugas kota dari satu wilayah keluar untuk membantuku," ujarnya. Semuanya menatap foto-foto yang ada secara bersamaan, namun mereka belum mendapatkan jawabannya.

Yamanaka akhirnya mendapat petunjuk saat salah satu wanita berteriak, "Aku tahu!" Wanita tersebut kemudian menunjuk gedung kecil di-background yang sedang direnovasi dan mengatakan," Ya, aku tahu gedung itu

Dan berikut foto-foto menyentuh perasaan before and after bencana tsunami yang sempat mengguncang negara Sakura.



Tsunami dan gempa bumi menerjang kota Iwaki di Fukushima. Diambil pada 11 Maret 2011 dan 7 Maret 2012. (Reuters/Kyodo).



Fasilitas penyimpanan gas alam di Ichihara terbakar saat bencana datang. Pemulihan fasilitas tersebut diabadikan pada 7 Maret 2012. (Reuters/Kyodo).



Lokasi yang sama, sebuah jalanan di Miyako, Iwate Prefecture di 2 tanggal yang berbeda, 11 Maret 2011 dan 17 Februari 2012. (Miyako City Office/Handout/Reuters) dan (Toru Hanai/Reuters).



Orang-orang mengevakuasi dirinya dengan memakai perahu kecil di kota Ishinomaki di jalanan yang sama. (Jiji Press/AFP/Getty Images) dan (Toru Yamanaka/AFP/Getty Images).



Rel kereta api di Tagajo, Miyago pada 13 Maret 2011 dan 12 Januari 2012. (Toru Yamanaka/AFP/Getty Images).

Yuko Sugimoto, berdiri di antara puing-puing bangunan dengan selimut yang menutupi tubuhnya (13 Maret 2011). Ia sedang mencari sang anak. Foto di sebelahnya memperlihatkan Sugimoto di lokasi yang sama sudah bersama anak laki-lakinya, Raito. Diabadikan pada 27 Januari 2012. (Yomiuri Shimbun/AFP) (Toru Yamanaka/AFP/Getty Images).
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar