Kamis, 03 Mei 2012

18 Mei Facebook Siap Pecahkan Saham Perdana Google

Facebook telah menetapkan hari bersejarahnya. 18 Mei 2012 nanti, jejaring sosial itu akan go public dan resmi melantai di bursa efek. Penawaran saham perdananya (initial public offering/IPO) diperkirakan bisa menembus USD 10 miliar dengan valuasi perusahaan USD 100 miliar.

Angka fantastis ini akan mematahkan rekor perusahaan internet dengan IPO terbesar sepanjang sejarah. Rekor ini sebelumnya telah dipegang Google sejak mencatatkan diri di lantai bursa, delapan tahun yang lalu. Tepatnya di tahun 2004 dengan nilai IPO sebesar USD 1,9 miliar.

Facebook sendiri akan terdaftar sebagai perusahaan publik di bursa efek NASDAQ dengan simbol FB.

CEO sekaligus founder Facebook, Mark Zuckerberg, beserta jajaran direksinya, COO Sheryl Sandberg dan CFO David Ebersman, akan mulai melakukan roadshow pekan depan, untuk menarik perhatian sekaligus menggaet calon investor.

Harian bisnis itu juga melansir, kinerja keuangan Facebook pada kuartal pertama 2012 ini agak melorot. Tercatat, laba bersih perusahaan yang bermarkas di Menlo Park, California, AS itu turun 12% akibat tingginya pengeluaran menjadi USD 205 juta.

Namun di sisi lain, pendapatan jejaring sosial itu sendiri melonjak sebesar 45% menjadi USD 1,06 miliar. Hingga akhir kuartal pertama 31 Maret, Facebook telah memiliki 901 juta pengguna. Angka ini naik signifikan dari sebelumnya 845 juta.
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar