Sabtu, 16 Juni 2012

Lagi, Karyawan Pabrik Apple Bunuh Diri


Permasalahan seakan tidak berhenti menimpa pabrik Foxconn. Manufaktur utama gadget Apple ini menyatakan seorang pekerjanya tewas bunuh diri dengan jalan melompat dari apartemennya.

Pekerja berusia 23 tahun itu bekerja di pabrik Foxconn yang berlokasi di Chengdu, China. Ia tinggal di apartemen yang disediakan Foxconn. Padahal, sang karyawan baru sebulan bekerja.

Belum jelas mengapa sang karyawan memilih jalan pintas menghabisi nyawanya sendiri.pihak Foxconn bersama polisi setempat sedang menginvestigasi penyebabnya.

Kasus bunuh diri bukanlah hal yang baru di Foxconn. Sejak tahun 2010, belasan karyawan di sana tercatat melakukan aksi serupa. Sedangkan kasus ini adalah yang pertama di tahun 2012.

Klien Foxconn adalah perusahaan besar seperti Apple, Microsoft dan HP. Namun rekanan terbesar mereka adalah Apple di mana gadget seperti iPhone dan iPad dirakit di pabrik Foxconn.

Karenanya, banyaknya permasalahan yang menimpa Foxconn dinilai juga sebagai tanggung jawab Apple. Kondisi pabrik yang kurang layak dan upah tidak memadai sering dituding membuat pekerja stress.

CEO Apple, Tim Cook baru-baru ini juga berkunjung di pabrik Foxconn. Kala itu, dia berjanji untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai dengan kenaikan upah.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar