Jumat, 31 Agustus 2012

Jendela Islam : Muslim di Irlandia Meningkat 70 Persen

Dalam waktu empat tahun terakhir, jumlah warga Irlandia yang menjadi mualaf meningkat 70 persen. Kini Islam menjadi agama terbesar ketiga di Irlandia setelah Katolik Roma dan Protestan. Central Statistic Office (CSO) mengatakan peningkatan ini terjadi karena semakin banyaknya imigran yang masuk ke negara tersebut.

Awalnya, komunitas muslim Irlandia didominasi muslim imigran asal Timur Tengah dan Afrika Utara. Mereka datang ke Irlandia untuk belajar dan bekerja. Lalu pada awal 1990-an, banyak anak-anak muda yang berimigrasi ke Irlandia dengan alasan ekonomi atau mencari suaka. Mereka berasal dari Nigeria, Libya, Irak, Somalia, Aljazair dan beberapa negara lain.

Selain dipenuhi muslim Irlandia, banyak pula warga Irlandia yang menjadi mualaf. Mereka yang memeluk Islam biasanya yang baru kembali ke Irlandia setelah pergi ke luar negeri.

Selama berpuluh-puluh tahun, Irlandia dikenal sebagai negara yang penduduknya banyak berpindah ke negara lain. Secara keseluruhan ada sekitar 32.500 warga muslim di Irlandia.

Dari jumlah itu 55 persen yang berasal dari Asia dan Afrika, sedangkan 30,7 persen adalah warga asli Irlandia. Mayoritas komunitas muslim di Irlandia adalah kalangan muslim Sunni dan sebagian kecil komunitas muslim Syiah, terutama di kota Dublin.

"Muslim di Irlandia mungkin salah satu populasi muslim yang paling beragam di Eropa," kata Dr Oliver Scharbrodt, peneliti Islam di Irlandia.
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar