Rabu, 01 Agustus 2012

Layanan Email Modern Ala Outlook Microsoft

Microsoft baru saja meluncurkan layanan email yang diklaim modern, yakni Outlook.com. Disebutkan, layanan ini menawarkan pengalaman berbeda dalam mengatur email personal.

Sebetulnya, Outlook.com merupakan perluasan fungsi dari layanan web-based email yang sudah dibuat oleh Microsoft, Hotmail. Bila Anda yang mengandalkan aplikasi Office di komputer Windows, layanan Outlook.com bisa jadi membuat Anda kepincut.

Pasalnya beberapa aplikasi bawaan yang ada di Office dihadirkan secara gratis dalam bentuk web. Memang fungsionalitasnya ini lebih ditujukan bagi pengguna pertama cloud.

Intinya, bila sudah membuka Outlook.com dan terhubung internet, Anda tidak perlu berpindah dan keluar dari layanan ini untuk melakukan berbagai pekerjaan.

Satu hal yang pasti, pastikan Anda mendaftar terlebih dahulu atau bila sudah mempunyai akun Hotmail, Skydrive, Xbox Live dan Windows Phone bisa langsung menjajalnya.

Antarmuka
Seperti dijanjikan Microsoft, Outlook.com hadir dengan userinterface (UI) yang lebih bersih. Memang saat dijajal, halaman pertama layanan ini memang benar-benar polos, ditambahan dengan latar belakang warna putih.


Tampil ringkas juga terlihat di sisi sebelah kiri yang bisa diatur juga sesuai keinginan hati. Sedangkan di box tengah yang paling besar, tentu saja semua pesan yang bisa dilihat dengan ukuran yang sangat lega.

Di bagian atas dari Outlook inilah berjejer bermacam fungsi lainnya yang jauh lebih maksimal, seperti aplikasi Office, kalender, Skydrive dan pengaturan kontak.



Menulis email
Tinggal mengklik tanda '+' di bagian kiri atas, pengguna langsung bisa menuliskan pesan untuk sebuah email. Di sini yang barunya, tampilan tulis pesan tidak seperti pada email pada umumnya.

Sebelah kiri adalah boks untuk mengirimkan alamat email yang ingin dituju. Sisa di bawahnya tidak ditambahkan navigasi apapun, sehingga terlihat sangat lapang dan terkesan 'mubazir'.


Nah, untuk boksnya ada di sebelah kanan dengan latar belakang putih dan terkesan sangat luas. Tambahan untuk menulis di taruh di atasnya, tapi bisa juga dihilangkan.

Beberapa fungsi tambahan lainnya, juga disediakan di bagian atas seperti untuk pengaturan, dan lain-lain.


Chit-chat
Email ini menyediakan fungsi import kontak dari email lain dan situs jejaring sosial populer seperti Facebook, LinkedIn dan Twitter. Selain memindahkan kontak, penguna juga bisa langsung melakukan chit-chat layaknya instant messaging.

Memang fitur ini sudah dimiliki beberapa layanan sejenis, tapi apa yang dihadirkan oleh Outlook jauh lebih lengkap dan mudah digunakan.



Bekerja dengan cloud
Sedang ingin membuat tugas menggunakan Word atau mendadak harus mempresetasikan Office Powerpoint. Tidak usah khawatir, dengan meng-klik pengaturan Skydrive Anda dapat mengerjakan, mengedit dan menyimpan segala jenis file Office.

Memang ini satu paket yang ada di Outlook, seperti mendapatkan fungsi Skydrive tanpa harus membuat akunnya terlebih dahulu. Kapasitas yang disediakan tidak terlalu banyak memang, hanya 7 GB saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar