Jumat, 31 Agustus 2012

Mengenal Sekilas Tentang Kamera Mirrorless

Kamera mirrorless atau kamera tanpa cermin pertama kali diperkenalkan sekitar tahun 2008 dan telah menarik perhatian para pencinta fotografi. Secara umum, yang membedakan kamera DSLR dengan kamera mirrorless adalah cara menampilkan gambar di viewfinder.

Untuk memunculkan gambar di viewfinder, kamera DSLR menggunakan cermin (mirror) yang membutuhkan suatu ruang di dalam kamera sehingga ukuran kamera menjadi besar.

Lain halnya dengan kamera mirrorless. Kamera mirrorless telah meniadakan cermin tersebut sehingga dapat menghemat ukuran dan bobot kamera pun menjadi lebih ringan. Lalu bagaimana sebuah kamera mirrorless memunculkan gambar di viewfinder?

Sebagai gantinya, untuk memunculkan gambar di viewfinder, kamera mirrorless ada yang menggunakan menggunakan sistem viewfinder elektronik, ada juga yang menggunakan hybrid viewfinder yang bisa berganti dari jendela bidik optik ke jendela bidik elektronik.

Kamera mirrorless memiliki daya tarik tersendiri, yakni:

- Ukuran relatif lebih kecil, kompak dan ringan dibanding DSLR.
- Ukuran sensornya setara DSLR kelas menengah.
- Lensa dapat diganti-ganti.

Dengan kelebihan-kelebihan di atas, kamera mirrorless menjadi pilihan yang menarik, apalagi hasilnya mendekati kamera DSLR kelas menengah, namun untuk kelas professional, kamera DSLR tetap masih lebih unggul.

Saat ini sudah banyak kamera mirrorless yang dikeluarkan berbagai produsen, antara lain:

- Fujifilm X
- Nikon 1
- Pentax Q dan K
- Leica M
- Micro Four-Third: Olympus OMD dan PEN
- Micro four third: Panasonic G
- Samsung NX
- Sony NEX
- Canon EOS M
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar