Senin, 07 November 2011

Nasihat ,Steve Jobs untuk Mark Zuckerberg


Mark Zuckerberg mengaku pernah meminta nasehat Steve Jobs tentang bagaimana membangun produk dan tim yang hebat serta berkualitas tinggi.

Hal ini terungkap dalam sebuah wawancara dengan Charlie Rose dari acara TV Amerika, PBS. Sesi wawancara ini juga membeberkan bahwa Facebook tidak akan membuat game dan bagaimana CEO muda itu melihat Google+ yang disebutnya sebagai Facebook versi mini.

Selasa (8/11/2011), bagian paling menarik dari perbincangan tersebut yakni ketika Zuckerberg mulai membicarakan soal hubungannya dengan mantan CEO Apple Steve Jobs.

"Saya punya banyak pertanyaan untuk beliau tentang bagaimana membangun tim di sekitar kita, yang fokus pada membangun kualitas tinggi dan hal-hal baik," katanya.

"Dan jawabnya adalah menjaga agar organisasi tersebut tetap fokus. Benar, saya sering berpikir bahwa kecenderungan perusahaan yang lebih besar adalah mencoba untuk membuat kehebohan dan merambah ke berbagai bidang yang berbeda

Zuckerberg mengaku sangat menghormati Apple karena seperti Facebook, Apple membangun sesuatu yang akan mengubah dunia ketimbang bertahan di garis bawah. Rose lantas bertanya apakah antara Apple dan Facebook pernah memiliki rencana akuisisi. Dan Zuckerberg menjawab tidak.

"Kami tidak pernah berbicara ke arah itu. Yang berarti juga bahwa saya tidak akan menjualnya," kata bos Facebook itu.

Chief Operating Officer Facebook Sheryl Sandberg yang juga turut dalam sesi wawancara ini pun menjelaskan bahwa Jobs sendiri tidak pernah membahas soal akuisisi karena dia sangat paham bahwa Zuckerberg tidak berminat menjual Facebook.

Zuckerberg adalah salah satu orang yang merasa kehilangan atas kepergian Jobs. Di hari berpulangnya visioner tersebut pada 5 Oktober silam, Zuckerberg mengungkapkan rasa terimakasih dan dukanya melalui status Facebooknya.

"Steve, terimakasih telah menjadi pembimbing sekaligus teman. Terimakasih telah menunjukkan bahwa apa yang kau bangun mampu mengubah dunia. Saya akan merindukanmu."

Jobs sendiri diketahui mengagumi Zuckerberg. Dibeberkan Walter Isaacson si penulis biografi Steve Jobs, legenda IT ini menyukai Zuckerberg karena berhasil membuat Facebook demikian jaya dari nol.

"Kita membicarakan tentang jejaring sosial secara plural, namun saya tidak melihat pihak lain selain Facebook di luar sana. Hanya Facebook, mereka mendominasinya. Saya mengagumi Mark Zuckerberg," kata Jobs dalam wawancaranya dengan Isaacson.
Sumber



Tidak ada komentar:

Posting Komentar