Senin, 21 Mei 2012

Samsung Rayu Apple dengan Lisensi Silang Untuk Mengakhiri Peperangan

Samsung menunjukkan sikap melunak dalam menghadapi perundingan damai dengan Apple. Raksasa teknologi asal Korea Selatan tersebut berharap upayanya di pekan ini akan membuka jalan mengakhiri perang paten.

Head of Samsung Mobile JK Shin dan CEO Choi Gee-sung bertolak ke Amerika Serikat (AS) untuk melakukan pertemuan dengan bos Apple Tim Cook.

Samsung sendiri memang sepertinya cepat berubah pikiran. Sebelumnya, Shin memperlihatkan indikasi tak akan mau berkompromi dengan Apple dan tak kalah sengit membalas serangan pembesut iPhone dan iPad tersebut.

Namun kemudian, Shin mengatakan akan mencoba melobi Apple. "Ada jarak yang sangat besar dalam perang paten dengan Apple. Namun kami masih memiliki sejumlah opsi negosiasi, salah satunya lisensi silang," ujarnya.

Jika Apple setuju dengan tawaran Samsung, artinya kedua raksasa ini bisa mencapai kesepakatan untuk kemungkinan mengakses properti intelektual masing-masing yang menjadi sengketa.

Namun sepertinya, kecil juga kemungkinan bahwa Apple akan melupakan begitu saja keyakinan mereka bahwa Samsung telah menjiplak habis iPhone dan iPad pada smartphone Galaxy dan Galaxy Tab.

Pekan lalu, pengadilan wilayah San Jose, California telah mengizinkan Apple memblokir penjualan Galaxy Tab di AS. Namun masih belum jelas, apakah dengan keputusan ini Apple segera akan memblokir penjualan tablet Samsung. Juru bicara Apple Steve Park menolak memberikan komentar.

Jika Apple mendesak mengimplementasikan putusan pengadilan, ini menjadi sinyal bahwa Apple akan melanjutkan proses pengadilan melawan Samsung. Namun jika Apple menundanya, bisa jadi Apple mempunyai niatan untuk berkompromi dengan Samsung dan mengakhiri perang paten ini. Kita lihat saja, bagaimana akhir 'peperangan' ini.
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar