Rabu, 29 Februari 2012

Mari, Membantik dengan Sentuhan Teknologi

Masyarakat Indonesia tentu sudah akrab dengan batik. Namun bagaimana jika Anda ditantang untuk ikut membatik? Caranya pun lain dari biasanya, tapi dengan turut membenamkan unsur teknologi dalam prosesnya.

Ya, inilah salah satu acara yang bakal digelar Intel Corp untuk menarik pelanggan di gelaran Mega Bazaar Computer 2012 yang berlangsung di Jakarta Convention Center. Mereka ingin membuat workshop Batik Fractal.

Batik Fractal sendiri adalah pembuatan batik tradisional tetapi dalam pengerjaan motifnya digambar ulang dengan rumus-rumus matematika bernama fractal yang dilakukan dengan bantuan software komputer J-Batik. Campur tangan software di sini sebatas menggambar ulang motif, sedangkan pengerjaan batiknya dilakukan seperti biasa.

Intel juga mengundang lima pemenang kompetisi Intel Batik Fractal Mobile User Journey ke Jakarta untuk berpartisipasi dalam workshop J-Batik pada 3 Maret 2012 tersebut.

Workshop ini nantinya akan dipandu oleh desainer batik fractal, Nancy Margried yang telah sukses mentransformasi cara tradisional mendesain pola batik menggunakan metode teknologi tinggi dengan aplikasi yang berdasar formula matematika.



"Kami bertemu dengan Nancy pada kampanye Warnai Hidupmu tahun lalu dan telah menjalin kolaborasi yang luar biasa sampai sekarang," tutur Norhizam Abdul Kadir

"Merupakan sesuatu yang bagus untuk menggabungkan seni tradisional seperti batik dengan teknologi, tetapi yang paling menarik adalah bagaimana kami bisa mendukung partisipasi generasi muda dalam mempromosikan warisan budaya lokal mereka.
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar