Kamis, 02 Februari 2012

1000 Karyawan Facebook Akan Jadi Jutawan


Facebook bersiap menjadi perusahaan publik setelah mengajukan dokumen untuk Initial Public Offering (IPO) kepada US Securities and Exchange Commission. Facebook mengaku berharap menangguk sekitar USD 5 miliar ketika IPO digelar, yang akan membuat para karyawannya kaya raya.

Diperkirakan sekitar 500 sampai 1.000 karyawan yang punya jatah opsi saham di perusahaan yang berbasis di Menlo Park, California itu akan menjadi jutawan. Nilai Facebook sendiri diperkirakan bisa mencapai USD 100 miliar.

Tak diketahui secara pasti seberapa banyak saham yang dimiliki masing-masing pekerja Facebook. Opsi pemberian saham tergantung jabatannya dan berapa lama ia mengabdikan diri di situs jejaring sosial terbesar dunia ini.

Laporan Reuters menyebutkan di tahun 2009, teknisi Facebook dengan pengalaman kerja 15 tahun memiliki opsi membeli 65 ribu saham dengan harga USD 6. Valuasi saat ini membuat saham tersebut akan bernilai USD 12 juta.

Facebook sendiri terus meraksasa dan keuntungannya makin tumbuh dari tahun ke tahun. Pada tahun 2011, mereka meraih pendapatan sebesar USD 3,7 miliar dan keuntungan USD 668 juta.

Facebook berharap dapat mendaftarkan perdagangan saham di New York Stock Exchange atau Nasdaq Stock Market dengan simbol FB.
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar