Rabu, 29 Agustus 2012

Penduduk Bumi Akan Vegetarian Di Tahun 2050 ?

Perubahan pola makan dengan mengurangi asupan daging dan semakin berkurangnya suplai makanan tampaknya mendorong sejumlah ilmuwan untuk memprediksi bahwa pada tahun 2050 nanti sebagian besar populasi dunia akan menjadi vegetarian.

Menurut studi tersebut, untuk saat ini banyak orang yang mendapatkan 20 persen asupan makanannya dari protein yang berasal dari produk hewani. Meski begitu para ilmuwan telah memperingatkan pada tahun 2050, tingkat konsumsinya akan menurun drastis menjadi 5 persen karena dua miliar orang lainnya harus diberi makan agar tetap hidup.

Padahal orang Amerika sendiri diketahui makan sedikitnya 12 ons daging perharinya, hampir 50 persen lebih banyak dari jumlah asupan daging yang direkomendasikan. Selain itu, produksi daging menghabiskan banyak ruang dan sumber daya untuk membudidayakan hewan, sedangkan untuk memperoleh bahan makanan dari tanaman manusia juga memerlukan banyak air.

Sebuah studi pada tahun 2011 mengemukakan bahwa mengurangi makan daging dapat melipatgandakan suplai makanan dunia.

"Dikhawatirkan persediaan air dunia takkan mencukupi untuk memproduksi makanan dari lahan pertanian dan memberi makan populasi yang diperkirakan mencapai angka 9 miliar pada tahun 2050 jika kita terus mengikuti tren dan perubahan pola makan ala Barat," ungkap Malik Falkenmark dan rekan-rekannya di Stockholm International Water Institute

Tak berhenti sampai disitu, para ilmuwan juga berupaya mendorong konsumsi makanan vegetarian secara perlahan-lahan, diantaranya dengan merekomendasikan makanan pengganti daging yang sehat dan rasanya enak.

Bahan makanan yang mengandung protein yang sama banyaknya dengan satu ons daging, diantaranya
  1. 1/2 piring quinoa
  2. 2 ons tahu
  3. Tempe
  4. 1/4 kaleng kacang hitam
  5. 1 sdm selai kacang
  6. 1/4 kaleng chickpea
  7. 1/4 kaleng kacang merah
  8. 1/2 ons kacang almond

Tidak ada komentar:

Posting Komentar