Rabu, 29 Agustus 2012

Tips Mudah Agar Tetap Fit Di Tempat Kerja

Jangan menjadikan sibuknya waktu di tempat kerja sebagai alasan lemahnya tubuh karena jarang berolahraga dan penambahan berat badan. Anda tetap dapat memelihara kesehatan dengan cara menerapkan kebiasaan sehat di tempat kerja.

Bangunlah kebiasaan sehat di tempat kerja dengan cara sebagai berikut:

1. Memilih naik tangga dibanding menggunakan lift
Meskipun lebih mudah dan cepat jika menggunakan eskalator dan lift, naik turun tangga adalah cara mudah untuk menjaga tubuh tetap aktif selama di tempat kerja karena dapat membakar kalori dan memompa jantung.

Penelitian bahkan menunjukkan bahwa menuruni tangga juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

2. Minum lebih banyak air
Salah satu cara termudah untuk tetap sehat di tempat kerja adalah menjaga agar tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari. Isi gelas Anda dengan air putih setiap kali bangun dari meja kerja atau mengatur alarm untuk mengingatkan diri agar tidak lupa untuk minum.

3. Beristirahat sejenak
Ketika merasa lelah atau kewalahan dengan pekerjaan yang menumpuk di meja kerja, kadang-kadang yang Anda perlukan hanyalah istirahat sejenak. Hal ini dapat dilakukan hanya dengan menutup mata beberapa menit untuk mengistirahatkan mata dari layar atau minum secangkir teh hijau.

4. Membawa bekal makan siang dari rumah
Membawa bekal makan siang dari rumah jauh lebih sehat daripada makan siang di restoran. Hal ini juga dapat mencegah Anda melewatkan makan siang.

Sertakan pula satu buah apel atau pisang dalam kotak makan siang Anda. Makan buah sebagai camilan sehat diantara waktu sarapan dan makan siang untuk menghindari rasa lapar yang berlebihan dan ngemil makanan yang tidak sehat.

5. Pastikan meja kerja Anda bersih dan rapi
Karena Anda duduk di meja kerja sepanjang hari, pastikan ruang kerja Anda sehat dan bebas kuman. Dengan menjaga kebersihan dan kerapian meja kantor, Anda akan terhindar dari kuman dan meningkatkan suasana hati.

6. Menjaga tingkat stres
Anda harus mampu mengelola stres ketika berada di tempat kerja. Ada banyak cara untuk mengelola diri agar tidak stres akibat beban pekerjaan, misalnya dengan menelepon teman disela-sela istirahat minum teh dan sebagainya.

7. Hindari kelesuan di sore hari
Tips sederhana untuk mencegah kelesuan di sore hari adalah dengan berjalan-jalan di bawah sinar matahari sore sepulang bekerja, yang dapat membantu menjaga tingkat energi. Selain itu, dengan menghindari kelesuan dengan tetap beraktivitas di sore hari dapat meningkatkan semangat dan antusiasme seseorang.
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar